PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS PSIKOLGI UNJANI PERSIAPAN MEMASUKI DUNIA KERJA

Pada revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal dengan era revolusi industri 4.0, hal ini membawa disruptif teknologi yang hadir begitu cepat. Ukuran besar perusahaan tidak lagi menjadi jaminan, tetapi justru kelincahan perusahaan yang menjadi kunci keberhasilan meraih prestasi dengan cepat (www.kompasiana.com). Seiring dengan revolusi industri 4.0 dan teknologi digital, persaingan bisnis dan pembangunan yang semula bertumpu pada pemanfaatan sumber daya alam akan bergeser pada penguasaan teknologi informasi dan kompetensi angkatan kerja.

Unjani adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Bandung/ Cimahi, Unjani juga diharapkan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi swasta maupun negri yang ada di kota Bandung maupun kota lainnya di Indonesia. Fakultas Psikologi Unjani dalam rangka pengabdian masyarakat mencoba membuat suatu kegiatan yang dapat membantu para calon lulusan Unjani agar mereka lebih siap dalam menghadapi dunia kerja dan siap bersaing ketika berada dalam dunia kerja.

Perusahaan tidak hanya membutuhkan tenaga kerja pintar yang hanya mengandalkan ijazah dan IPK yang tinggi, namun justru banyak kompetensi lain yang dicari seperti flexible, kreatif, punya banyak bakat, terbuka akan feedback, punya keahlian dengan teknologi, mamu bekerjasama dan berkolaborasi, keinginan untuk berkembang, mau belajar dan mampu menyesuaikan diri dalam berbagai situasi. Psikotest menjadi salah satu tahap yang banyak dikhatirkan oleh para calon tenaga kerja karena banyak cerita bahwa psikotest sangat sulit dilalui dan banyak yang tidak lulus dalam tahap ini. Tentu saja Fakultas Psikologi perlu memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai apa yang disebut dengan psikotest, disamping itu diberikan juga tips-tips ketika akan menghadapi psikotest seperti istirahat yang cukup, perlu sarapan terlebiih dahulu sebelum test, berusaha untuk tenang, konsentrasi dalam mengerjakan, tetap semangat dan tentu saja jangan lupa berdoa.

 

 

Selain psikotest, pada kesempatan ini di jelaskan juga tips yang bisa dilakukan dalam menghadapi interview kerja, antara lain :

  1. Penampilan yang menarik
  2. Ada kontak mata
  3. Tersenyum
  4. Posture tubuh yang tegap namun rileks
  5. Jelas dalam berbicara baik volume, intonasi dll
  6. Datang tepat waktu bahkan sebelum waktu wawancara di mulai
  7. Tenang dan konsentrasi
  8. Serta jangan lupa berjabat tangan

Saat ini para calon pekerja harus berani di dalam menampilkan diri sehingga perusahaan dapat mengenali kelebihan dan keuntungannya di dalam merekrut pegawai baru yang ada. Adapun dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini tim pengabdian masyarakat juga memberikan wawasan dan latihan singkat mengenai personal branding, yang artinya bagaimana para calon lulusan Unjani dapat menampilkan diri dengan segala kekuatan dan potensi yang dimiliki serta bagaimana membuat perusahaan tertarik merekrut.

Terakhir yang juga sangat penting bagi para calon lulusan Unjani saat akan masuk ke dunia kerja adalah bagaimana mengirimkan aplikasi lamaran ke perusahaan agar dapat menarik minat dan perhatian perusahaan dalam merekrut diri. Disini tim pengabdian masyarakat memberikan tips-tips bagaimana cara membuat aplikasi curriculum vitae yang dapat menarik perhatian tim seleksi perusahaan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat curriculum vitaeu, yaitu ;

  1. Mencantumkan nama lengkap dan panggilan
  2. Alamat lengkap plus no telphon
  3. Alamat email dan social media
  4. Ringkasan Pendidikan, mulai dari universitas, fakultas, jurusan dan IPK
  5. Pengalaman kerja/ magang serta tanggung jawabnya
  6. Skill yang dikuasai dan relevan dengan jabatan yang dituju
  7. Minat dan prestasi
  8. Pengalaman organisasi dan tanggung jawabnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dinilai cukup berhasil karena berdasarkan hasil survey pelaksanaan kegiatan, dinilai sangat positif dan memberikan manfaat sangat besar pagi peserta. Kegiatan ini dilaksanakan 3 kali yaitu workshop di Fakultas Teknik Manufaktur, Unjani Expo bekerjasama dengan LPPM dan di Fakultas Psikologi dengan peserta dari semua Fakultas yang ada di Unjani. Peserta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh sebanyak 362 peserta. Bahkan masih ada permintaan dari Fakultas lain yang meminta untuk diadakan workshop semacam ini khusus di Fakultas maisng-masing.

Pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh Fakultas Psikologi Unjani dan juga LPPM Unjani. Adapun tim pengabdian masyarakat ini terdiri dari dosen, para tenaga kependidikan dan juga banyak melibatkan mahasiswa sebagai tim pendukung di lapangan.