PPM

PENGABDIAN MASYARAKAT FAKULTAS PSIKOLOGI UNJANI

WORKSHOP KESIAPAN KERJA

Pada tanggal 6 Maret 2020, Fakultas Psikologi Unjani telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Workshop kesiapan kerja. Adapun tema yang diusung kali ini masih seputar  “Workshop Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Lulusan Baru Universitas Jenderal Achmad Yani”. Pada kesempatan kali ini tampil sebagai pemateri workshop adalah dua orang dosen Fakultas Psikologi Unjani yaitu Shinta Febrina, M. Psi dan juga Yoga Hardianto, M. Psi.

Kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Psikologi ini masih menjadi rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat tahun 2019. Dengan diketuai oleh Endah Andriani Pratiwi, M. Psi, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini melibatkan sebagian besar dosen yang ada di lingkungan Fakultas Psikologi Unjani, yaitu Dra. Indrya Ami Ruliyati Darsono, M.A., Drs. Bambang Setyawan, M. Psi., Yoga Haryanto, M. Psi., DR. Arief Budiarto. DESS, Psikolog, Muhammad Hardras, S. Psi, M. Si., Muhammad Zein, S. Psi, M. Si., Rachmat Taufiq, M. Psi., Shinta Febrina, M. Psi., Linda Ernawati, M. Psi., Afini Freudwi Asri, M. Psi., Detri Sefianmi, M. Psi., Ditya Indria Sari, M. Psi.

Kegiatan workshop Persiapan Menghadapi Dunia Kerja Bagi Lulusan Baru Universitas Jenderal Achmad Yani, dihadiri langsung oleh ketua Lppm Unjani Dr. Aceu Murniati, Dr. Putu Teta P. Aryanti sebagai Kabiro Penelitian, Dr. Anto Damayanto sebagai Kabiro Pengmas. Adapun peserta yang hadir saat kegiatan workshop ini berlangsung adalah sebanyak 210 peserta yang terdiri dari lulusan baru Unjani 2020, mahasiswa tingkat akhir yang berasal dari Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Ekonomi dan bisnis, Fakultas Science, Fakulas Tekhnik, Fakultas Metalurgi dan Fakultas Ilmu Politik.

            Dalam sambutannya Ketua Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi Unjani menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan workshop ini adalah untuk dapat memberikan pembekalan kepada para calon lulusan Unjani agar dapat siap menghadapi dunia kerja. Yang mana pengetahuan yang diberikan adalah berupa pengenalan Revolusi Industri 4.0, kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia industry di masa depan, tips-tips menghadapi psikotes, wawancara kerja, bagaimana membuat personal branding serta bagaimana cara membuat curriculum vitae yang menarik bagi perusahaan. Adapun pemateri dalam kegiatan workshop ini adalah dosen-dosen Fakultas Psikologi yang tidak hanya banyak bergerak di dunia Pendidikan namun juga banyak bergerak di dunia industry sehingga mereka dapat memberikan bekal pengetahuan dan membagikan pengalamannya ketika berada di dalam dunia industry kepada para calon lulusan baru Unjani 2020.

Begitu pula dengan sambutan Katua Lppm Unjani Dr. Aceu Murniati, yang menyambut kegiatan workshop ini dengan sangat positif karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan segera lulus dari Unjani. Harapannya dengan kegiatan workshop ini maka para calon lulusan baru Unjani dapat menerapkan pengetahuan baru yang diperoleh untuk dapat bersaing di dunia kerja dan menunjukkan hasil yang terbaik ketika berada di perusahaan ataupun instansi tempat bekerja. Disamping itu hasil dari kegiatan ini dapat dijadikan suatu penelitian yang akan dilaporkan sebagai Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi dan Kinerja Abdimas untuk meningkatkan Klaster Unjani. Selain itu hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dapat juga dibuat suatu hasil penelitian yang dapat di masukkan ke dalam jurnal penelitian sebagai bentuk keluaran kegiatan pengabdian masyarakat.

Peserta sangat antusias di dalam mengikuti kegiatan workshop tersebut, dimana banyak sekali pertanyaan yang diajukan kepada para pemateri. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini pun disebarkan kuesioner untuk dapat mengukur tingkat kesiapan memasuki dunia kerja bagi para lulusan baru Unjani. Kuesioner diberikan melalui google form yang akan menjadi data objektif kondisi para lulusan Unjani dan dapat menjadi dasar penelitian terkait dengan kesiapan kerja.

            Semua materi yang diberikan menjadi perhatian besar bagi peserta, dan salah satunya adalah terkait dengan materi menghadapi wawancara. Dilakukan simulasi sederhana terkait dengan wawancara kerja sehingga peserta dapat merasakan secara langsung bagaimana penilaian perusahaan ketika melihat para calon tenaga kerja di wawancara. Adapun peserta diharapkan dapat mengevaluasi diri secara lebih dalam mengenai bagaimana tampilan diri, apakah memang dapat meyakinkan perusahaan pemberi kerja dan bagaimana sebaiknya menghadapi dunia kerja.

Ke depan harapannya adalah agar kegiatan workshop ini menjadi program unggulan Unjani yang dilengkapi dengan kegiatan konseling karir serta penyediaan job fair bagi para lulusan. Di samping itu diharapkan akan dapat mengembangkan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang dapat memberikan kesempatan lebih besar para lulusan Unjani untuk dapat diterima di perusahaan-perusahaan ternama. (Endah, 2020)